Selasa, 22 Februari 2011

Pencemaran

        Berbagai industri selain menghasilkan produk yang dibutuhkan manusia juga menghasilkan buangan atau limbah. Limbah adalah suatu benda atau zat yang mengandung berbagai bahan yang membahayakan kehidupan manusia, hewan, serta mahluk hidup lainnya. limbah umumnya muncul sebagai hasil perbuatan manusia, termasuk industrialisasi. kegiatan manusia lainnya, seperti kegiatan Rumah Tangga dan Industri ke dalam sungai menyebabkan pencemaran polusi air sungai. Dalam pengertian yang lebih luas, Pencemaran adalah perubahan yang tidak diinginkan pada lingkungan yang meliputi udara, daratan, dan air, baik sevara fisik, kimia, ataupun biologi.

      Mahluk hidup,zat, energi, atau komponen penyebab pencemaran disebut Polutan. Polutan mahluk hidup atau polutan biologi contuhnya bakteri pada sampah dan kotoran.Polutan zat disebut juga polutan kimia, contohnya limbah yang mengandung logam Mercuri (Hg), gas CO2, gas CFC, debu asbes, dan pestisida. sedangkan polutan energi disebut juga polutan fisik, misalnya panas dan radiasi. berikut ini merupakan contoh dari pencemaran : 
  1. Pencemaran Udara
          Pencemaran udara berhubungan dengan pencemaran atmosfer bumi. Atmosfer merupakan lapisan udara yang menyelubungi bumi sampai ketinggian 300 km. sumber pencemaran udara verasal dari kegiatan manusia. Sumber pencemaran udara di setiap wilayah atau berbeda-beda. sumber utama pencemaran udara berasal dari kendaraan bermotor, kegiatan Runah Tangga, dan Industri. dampak pencemaran udara dapat berskala mikro maupun makro. pada skla mokro atau lokal, pencemaran udara misalnya, udara yang tercemar gas karbon monoksida (CO) jika terhirup seseorang akan menimbulkan keracunan dan jika orang tersenut terlambat untuk ditolong dapat mengakibatkan kematian. Dampak pencemaran udara berskala makro misalnya, fenomena hujan asam dalam skala regional, sedangkan dalam skala global adalah efek rumah kaca dan penipisan lapisan ozon.

    2. Pencemaran Tanah
     
       Pencemaran tanah berasal dari limbah rumah tangga, kegiatan pertanian dan pertambangan. sal;ah satu limbah rumah tangga adalah sanpah. Tanah yang mengandung sampah diatasnya akan akan menjadi tempat hidup kuman dan berbagai bakteri penyebab penyakit. pencemaran oleh bakteri dan polutan lainnya akan mengurangi kualitas tanah dan air tanah . perubahan fisik misalnya berbau, berwarna, dan berasa, bahkan terdapat lapisan seperti minyak. beberapa jenis sanpah seperti plastik dan logam, sulit terurai sehingga berpengaruh  pda kemampuan tanah menyerap air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar