Senin, 25 Juni 2012

KOMUNIKASI ( COMMUNICATION)


Ø  Komunikasi adalah proses penyampaian informasi dari satu orang ke orang lain. Griffin, 2004 :105)  
Ø  Komunikasi adalah proses dimana informassi dipertukarnan dan dimengerti oleh dua orang atau lebih,  biasanya dengan maksud untuk memotivasi, atau untuk mempengaruhi perilaku ( Daff 2003 : 132)

80% dari setiap hari kerja seorang manajer dihabiskan untuk berkomunikasi.  Untuk itu setiap manajer harus mampu berkomunikasi dengan efektif.
Komunikasi yang efektif ( Effective communication) adalah proses pengiriman pesan sedemikian rupa sehingga pesan yang di terima memiliki makna sedekat mungkin dengan maksud sipengirim.  (Jika dalam waktu sekejap penerima dapat menangkap dengan baik pesan yang dikirimkan  pengirim)
Pengertian tentang komukasi yang efektif didasarkan pada konsep makna dan konsistensi dari makna. Dalam komunikasi yang efektif, makna ditransmisikan sedemikian rupa sehingga orang yang menerimanya paham.

Proses komunikasi
Dimulai dari saat  pengirim merngirimkan fakta, ide, pendapat atau informasi lain ke penerima. Fakta. Ide atau pendapat memiliki makna bagi pengirim, apakah itu sederhana dan kongkrit, atau kompleks dan abtrak
Langkah berikut adalah meng encoding makna kedalam bentuk yang sesuai dengan situasi. Proses encoding ini biasa berbentuk kata-kata, ekspresi wajah, sikap tubuh atau bahkan ekspresi artitistik dan tindakan fisik.
Setelah di encide, pasan ditranmisikan melalui saluran atau media yang tepat. Seperti halaman buku, rapat, e-mail, memo, surat, laporan dan percakapan telepon.
Setelah diterima pesan di decode kembali kedaaml bentuk yang memiliki makna bagi sipenerima, dalam banyak kasus makna memicu tanggapan, dan siklus ini berlanjut saat pesan baru dikirimkan kembali , dengan langkah yang sama kepada pengirim awal.
“ Ganguan “ bisa merusak komunikasi pada langkah manapun. Gangguan bisa berupa suara batuk, suara truk atau suara dua orang yang tengah berbicara dekat posisi si pengirim atau sipenerima. Gangguan juga dapat berbentuk surat yang hilang dalam perjalanan, putusnya percakapan telepeon, E-mail yang salah alamat, virus  atau salah satu peserta peseta percakapan dipanggil oleh atasannya dsb.


Bentuk Bentuk Komunikasi Dalam Organisasi
1.      Komunikasi lisan ( Oral commnunication)
Komunikasi lisan terjada dalam percakapan tatap muka, diskusi kelompok, percakapan telepon, dsb.
Komunikasi lisan sangat lazim karena beberapa alas an :
  • Komunikaksi lisan memicu umpan balik dan pertukaran pikiran secra langsungbentuk pertanyaan-pertanyaanatau persetujuan verbal, ekspresi muka dan gerak tubuh.
  • Komunikasi lisan mudah dan dapat dilakukan dengan persiapan sedikit
      Kelemahan dari komunikasi lisan , kemungkinan tidak akurat, jika pembicara memilih kata-kata yang salah untuk menyampaikan suatu maknaatau melupakan detil-detil penting, jika proses komunikasi lisan memiliki gangguan , atau penerima melupakan sebagian dari pesan

Kumunikasi lisan biasanya digunakan saat  pesan bersifat pribadi, tidak rutin dan singkat

2.      Komunikasi Tulisan ( written communication)
“ Menulisnya “ dalam surat, memo, catatan tulisan tangan, atau e-mail.
Keunggulan dari komunikasi tulisan adalah :
  • Komukasi tulisan biasanya sangat akurat dan menyediakan catatan permanen mengenai komunikasi.
  • Pengirim  biasa meluangkan waktu untuk mengumpulkan  dan mencerna informasi dan bisa merevisi sebelum dikirim.
  • Penerima memilki banyak waktu untuk membaca secara cermat dan mengulangi pembacaan berkali-kali jika diperlukan.
Salah satu kelemahan dari komunikasi tertulis adalah mencegah umpan balik secara langsung. maupun pertukaran pikiran secra langsung.

3.      Komunikasi non verbal ( nonverbal commnunication)
 Sebuah komunikasi yang dikirim melalui tindakan,  perilaku, penampilan, dan  sikap.  Komunikasi nonverbal kebanyakan terjadi selama komunikasi secara bertatap muka, verbal adalah kata - kata yang diucapkan secara actual, vocal, termasuk pola  nada dan warna suara dari suara seseorang, dan ekspresi wajah.Anda harus ingat bahwa dalam berkomunokasi “ bukan apa yang anda katakana tetapi bagaimana anda mengatakannya”


Komunikasi Organisasi
1.  Saluran Komunikasi  Formal ( formal communicatin channel)
Adalah saluran komunikasi yang mengalir dalam rantai komando atau rantai tanggung jawab yang didefinisikan oleh organisasi. Saluran komunikasi formal ada 2 arah  yakni :  Komunikasi vertical (ke bawah atau ke atas) dan horizontal.

a.       Komunikasi vertical ( vertical communication)
v  Komunikasi kebawah ( downward communication)
Adalah komunikasi yang mengalir dari atas kebawah, dalam hirarki organisasi, biasanya melalui saluran pelaporan fiormal _ yaitu, komunikasi antara manajer dengan bawahan mereka. Komunikasi ini mengacu pada pesan, yang informasi yang dikirim dari manajemen puncak ke bawahan . Bentuk komunikasi ini dapat dilakukan  dengan banyak cara,  Seperti melalui pidato, pesan dalan selebaran,  e-mail, pamplet informasi, sdb.
 Komunikasi kebawah  mencakup banyak  sebab :
-          Implementasi tujuan dan strategi
-          Instruksi dan alasan utama pekerjaan
-          Prisedur dan praktek
-          Umpan balik kinerja
-          Indoktrinasi 

Komunikasi keatas melibatkan pesan-pesan dari bawahan kepada atasnya. Arus ini biasanya mengalir dari bawahan keatasan langsungnya. lalu  keatas dari atasan ini, dan begitu seterusnya. Komunikasi kebawah terjadi saat informasi mengalir menuruni hierarki dari atasan kebawahan.
 Riset menunjukakan bahwa komunikasi keatas memiliki distorsi  lebih besar dibandingkan komunikasi kebawah. Bawahan  cendrung menahan atau mendistorsi informasi yang akan membuat diri mereka terlihat buruk. Semakin besar perbedaan status atasan dengan bawahan dan semakin besar rasa tidak saling  percaya, semakin besar kemungkinan bawahan akan menyembunyikan ataumendistorsi informasi.
Komunikasi keatas mencakup banyak sebab :
-          Masalah dan pengecualian
-       Saran perbaikan
-       Laporan kinerja
-       Keluahan dan perselisihan
-       Informasi keuangan dan akuntansi.


v  Komunikasi Horizontal ( horizontal commnunication)
Adalah komunikasi yang mengalis kesamping dalam organisasi, melibatkan kolega dan rekan kerja dari level organisasi yang sama dan bias meibatkan individu –individu dari beberapa unit organisasi yang berbeda.
Tujuan dari komunikasi horizontal :
-                Untuk koordinasi antar unit yang saling bergantung.
-                Pemecahan masalah dan perubahan innisiatif

2Saluran  Komunikasi Informal ( Informal Communication)
Sebuah saluran komunikasi yang lahir diluar saluran otoritas formal tanpa memperhatikan hirarki otoritas organisasi.

Ada dua jenis komunikasi ini :
  1. Rumor /gosip ( Grapevine) adalah jaringan komunikasi informal yang bisa menembus seluruh lapisan organisasi
Grapevine dapat menjadi kekuatan yang dominan  ketika saluran formal tertutup. Pada beberapa kasus graprvine  benar-benar sangat sebuah jasa , karena informasi yang diberikan membantu memperjelas situasi yang tidak jelas dan tidak menentu.  Grapevine menjadi lebih aktif selama periode perubahan, kegembiraan, kegelisahan, dan kelesuan kondisi ekonomi.
b.      Mangement by wandering Around ( MBWA)
Ide dasarnya adalah sejumlah manager mencari tahu apa yang terjadi dengan berkeluyuran dan berbicara dengan  orang – orang _ bawahan langsung,  bawahan jauh,  petugas pengirim,  konsumen, atau siapa saja yang satu dan beberapa hal terkait dengan perusahaan.



Komunikasi Elektronik ( electronic communication)
Belakangan ini komunikasi ini semakin banyak digunakan. Baik sistim informasi formal maupun telekomunikasi elektronik peribadi telah mengubah cara individu berkomunikasi dalam organisasi.
v   Sistem Informasi Formal
Metode ini dapat digunakan melalui pendekatan manajerial, maupun pendekana operasional. Pendekatan manajerial melalui penciptaan sebuah posisis yang biasa disebut Chiff Information Officer ( CIO) , CUIO bertangng jawab untuk menentukan kebutuhan-kebutuhan dan persyaratan yang diperlukan dalam pemrosesan informasi.
Pendekatan Operasional, umumnya bagian dari CIO, melibatakan pembentukan satu atau beberapa system informasi formal yang menghubungkan semua manajer, depatetmen dan devisi.

v  Tehnologi Elektonik Pribadi
Komputer pribadi membuat proses komunikasi semakin cepat. Jaringan e-mail, internet dan ekstranet korporasi akan mempercepat proses komunikasi. Kini kemungkinan untuk mengadakan teleconference diantara berbagai lokasi, antar cabang, antar kantor dan antar negara  sangat mudah. Telepon seluler dan mesin faks telah mempermudah komunikasi
 Namun para pakar Psikologi menemukan sejumlah dampak negatif dari kemajuan tehnologi, al :
-          manajer jarang berada dikantor, mereka cendrung akan ketinggalan informasi dan akan menjadi korban dari politik organisasi, karena mereka tidak berada dikantor untuk mengaetahui apa yang terjadi dan untuk melindungi diri mereka.
-          Mereka melewatkan rumor organisasi dan komunikasi informal yang terjadi dikator
-          Mengorbankan pertemuan dan percakapan tatap muka hal ini akan menyulitkan pembentukan kultur yang kuat, pengembangan hubungan kerja yang solit serta menciptaka  atmorfir saling percaya dan kooperatif yang saling mendukung.
-          Membuka peluang untuk terjadinya perilaku yang disfungsional dar karyawan. Seperti pengiriman informasi kotor pada pihak lain.

Hambatan-hambatan  Komunikasi  Dalam Organisasi






Mengatasi Hambatan- hambatan Komunikasi






Rabu, 20 Juni 2012

Ucino Ice Cream


Nama Usaha ini adalah Ucino Ice cream yang berdiri pada tahun 2008 dan merupakan usaha kecil milik bapak Yasin. ucino ice cream dipasarkan di dekat jalan raya dan samping kampus universitas Gunadarma Kelapa Dua, Depok. modal untuk usaha ini adalah sebesar Rp 50.000.000. usaha ini buka pada jam 10.00 sampai jam 17.00. Buat penggemar Ice Cream, kini telah hadir Ucino Ice Cream, harga mulai Rp 5.000,- paling mahal hanya Rp 10.000,-


Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ucino adalah
  1. ice cream vanila, strawbery, duren, moca, kopyor, jeruk
  2. fanta,sprite dan coca cola
  3. choco rain
  4. peanut
  5. coklat
  6. cup
  7. gelas plastik


Selain itu banyak terdapat manfaat dari ice cream adalah sebagai berikut:

Kaya Kalsium
Es krim dibuat dengan produk susu yang kaya akan kalsium dan nutrisi untuk memperkuat tulang dan menaikkan energi tubuh.

Melindungi Gigi dan Gusi
Kalsium yang terkandung dalam es krim juga berguna untuk melindungi gigi dan membangun gusi yang kuat. Jadi, mulai sekarang pikirkan lagi sebelum berhenti memberi anak Anda es krim.

Mengurangi Peradangan
Cokelat dalam es krim juga bermanfaat bagi tubuh. es krim jenis ini kaya akan flavonoid yang mengurangi peradangan arteri jantung. Dark chocolate memiliki flavonoid yang melindungi arteri jantung dari kelelahan.

Kaya Vitamin
Satu sendok es krim memiliki banyak kandungan vitamin A, D, K dan B12. Vitamin A baik untuk kesehatan mata, vitamin D menyerap kalsium dan nutrisi dari makanan dan menyimpannya di ginjal. Vitamin K meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan membuka sel darah tersumbat. Vitamin B12 meningkatkan memori dan sistem saraf.

Menurunkan Berat Badan
Es Krim ternyata dapat membantu menurunkan berat badan. Mengkonsumsi sesuatu yang dingin akan meningkatkan suhu tubuh dan membakar kalori serta lemak.

Mengandung Protein
Tubuh membutuhkan protein setiap hari untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Sesendok es krim dapat menyediakan jumlah protein yang cukup untuk satu hari yang aktif. 

Rendah Lemak
Es krim yang dibuat dengan bahan rendah lemak seperti susu skim memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak. Jika Anda khawatir tentang masalah kenaikan berat badan, hal tersebut tidak akan terjadi.

Hambatan dalam menjual ice cream:
  1. kekurangan tempat
  2. listrik yang mudah padam 
  3. ice yang mudah meleleh
Keunggulan dalam menjual ice cream:
  1. banyak disukai pada berbagai macam kalangan 
  2. tempat yang strategis karena dekat dengan kampus
  3. ice cream yang dibuat sendiri
Visi dan Misi ice cream ucino adalah ingin membuka lapangan kerja, dan memasarkan ice terbaru dengan berbagai rasa .

Small Bussiness and Internet Start

Kewirausahaan (entrepreneurship) merupakan suatu proses memulai
bisnis baru, mengorganisis sumberdaya – sumberdaya yang diperlukan 
dengan mempertimbangkan resiko yang terkait dan balas jasa yang akan 
diterima.

Wirausahawan (entrepreneur)  adalah seorang yang menjalankan 
kewirausahaan. seorang wirausahawan mengenali ide-ide yang muncul dan 
dapat membisniskan ide tersebut.Hal ini berarti menemukan dan memadukan 
sumberdaya yang diperlukan uang,orang, mesin dan lokasi untuk
menjalankan sebuah bisnis.Ia dapat mempertimbangkan adanya resiko
financial atau hukum ataskepemilikan dan menerina keuntungan bisnis.



Karakteristi Wirausahawanan
1.      Percaya diri
2.      Ulet  / pekerja keras
3.      Mempunyai keinginan untuk sukses ( berambisi )
4.      Percaya diri
5.      Kesadaran terhadap penggunaan  waktu
6.      Toleransi akan ambiguitas
7.      Faktor demografi

Faktor –faktor yang medasari keberhasial usaha kecil
1.      Kerja keras, dorogan dan dedikasi dari pemilik
2.      Permintaan pasar untuk produk dan jasa yang disediakan
3.      Manajer yang kompeten
4.      Keberuntungan

Faktor-faktor yang mendasari kegagalan uasah kecil
1.      Manajer yang tidak kompeten dan tidak berpengalaman
2.      Kurang memberikan perhatian
3.      Sistem kontrol yang lemah
4.      Kurang modal.

Kewirausahaan dan Lingkungan

Saat ini kewirausahaan dan usaha kecil menjadi bagian yang semakin penting
bagi bisnis dunia.Kurang lebih terdapat 23 juta bisnis kecil di Ameika Serikat 
yang menyediakan hampir separuh barang dan jasa . 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan berkembangnya usaha kecil :

1.      Perubahan Ekonomi
Perubahan ekonomi yang terjadi secara konstan dapat memberikan kesempatan
bagi kemunculan bisnis baru  contohnya,permintaan jasa pelayanan yang 
meningkat secara tajam. Deregulasi pemerintah yang menghilangkan berbagai 
hambatan pendirian usaha kecil.

2.      Globalisasi dan Peningkatan Kompetisi.
Globalisasi menuntut terciptanya perilaku wirausaha- perusahaan harus 
berupaya menemukan cacar-cara beroperasi yang cepet,lebih baik, 
dan lebih murah.perusahaan besar melakukan pemotongan biaya dengan 
cara mengkontrakan pekerjaannya kepada perusahaan kecil dan tenaga
 freelance.

3.      Teknologi
Kemajuan teknologi yang  cepat membawa dampak positif bagi perkembangan
usaha kecil . terjadinya ledakan pertumbuhan internet telah menciptakan 
kesempatan yang luar biasa bagi wirausahawan.  Karena  penjualan  barang
dan jasa  yang mereka lakukan  meningkat dengan pesat.

4.      Peluang Baru dan Ceruk Pasar
Wirausahawan memperoleh keuntungan dari kesempatan untuk memenuhi 
keingginan pasar.

Definisi bisnis kecil

Bisnis kecil ( small bussiness) apabila mempekerjakan kurang dari 500 orang.
Bisnis  kecil ( small busniness ) adalah bisnis yang dimiliki dan diatur secara   
independen dan tidak mendominasi pasarnya ( Griffin )

Dampak  dari Keberadaan Bisnis Kecil

1.      Menciptakan Lapangan Kerja
Menurut Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat , usaha kecil menciptakan  
 2,5 juta lapangan kerja baru selama tahun 1996.  Pekerjaan yang tercipta 
melalui usaha kecil dapat menunjang vitalitas perekonomian Amerika . 

2.      Inovasi
Sejarah telah menunjukan bahwa inovasi utama lebih mungkin muncul dari 
bisnis kecil dari pada bisnis besar. Inovasi karyawan  dua kali lebih lebih 
besar pada perusahan kecil dibandi ngkan pada perusahaan besar. 

3.      Keberagaman
 Bisnis kecil  sering menyediakan kesempatan pada bagi kaum minoritas untuk 
mengembangkan potensi diri. Dengan mempekerjakan karyawan dari berbagai 
ras kebangsaan, dan usia merupakan tantangan dan sumberdaya yang luar 
biasa bagi perusahaan kecil dewasa ini.

Wirausaha adalah orang yang mempunyai semangat, sikap, perilaku dan
kemampuan kewirausahaan.Kewirausahaan adalah semangat, sikap,
perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan
yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan 
cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi 
dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh
 keuntungan yang  lebih besar.