Rabu, 24 November 2010

Perkembangbiakan Mahluk Hidup

Perkembangbiakan pada mahluk hidup terdiri dari :

A.  perkembangbiakan secara kawin atau generatif, yaitu perkembangbiakan yang   didahului oleh peleburandua sel kelamin. perkembangbiakan secara generatif terdiri atas :
  • isogami , yaitu dua sel kelamin yang sama berdasarkan ukuran dan bentuknya. contoh : konjugasi, dimana sel kelamin jantan dan betina mempunyai bentuk dan ukuran yang sama.
  • heterogami , yaitu dua sel kelamin yang berbeda, yang terdiri dari sel sperma (jantan) dan sel telur atau ovarium. contohnya pada manusia, hewan tingkat tinggi, cacing dll.

B. Perkembangbiakan tak kawin atau vegetatif, yang terdiri dari:
  • Alami : seperti tunas, membelah diri, spora, fragmentasi, dll.
  • Buatan: seperti mencangkok, okulasi , mengenten , stek dan merunduk.
Berikut ini adalah macam-macam perkembangbiakan mahluk hidup,

A. Perkembangbiakan Hewan

Contohnya pada perkembangbiakan pada ayam.
Perkembangbiakan Makhluk Hidup betina akan menghasilkan sel kelamin betina disebut sel telur, ayam jantan akan menghasilkan sel kelamin jantan disebut sel sperma. Pertemuan sel telur dan sperma terjadi melalui perkawinan antara hewan betina dan jantan. Setelah itu akan terjadi pembuahan dan terbentuklah zigot. Ayam jantan membuahi sel telur saat sel telur masih ada di dalam tubuh ayam betina. Pada hewan ini, zigot dilindungi oleh cangkang kemudian dikeluarkan dari tubuh induknya yang disebut telur. Telur kemudian dierami.lalu ank ayam akan menetas.

2. Melahirkan

 Hewan jantan akan membuahi sel telur dalam tubuh hewan betina. Zigot hasil pembuahan ini akan tumbuh menjadi janin. Janin tumbuh di dalam tubuh induknya. Saat ini hewan dikatakan hamil. Makin lama perut hewan makin besar. Setelah janin membentuk anak hewan dengan sempurna, induk hewan akan melahirkan. Setelah melahirkan, induk hewan akan menyusui anaknya.

3. Hewan yang bertelur dan melahirkan

Anak buaya tumbuh di dalam telur semasa telur masih ada di perut induknya. Kemudian telur dikeluarkan, menetas, dan keluar anaknya. Hewan demikian berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan. Contoh lainnya hewan yang berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan yaitu ular dan kadal.

B. perkembangbiakan pada tumbuhan

Perkembangbiakan tumbuhan dapat melalui biji, tunas, cangkok, dan stek. Sebelum mempelajari cara perkembangbiakan, coba berikan contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan biji, tunas, cangkok, dan stek. Tumbuhan dan cara berkembang biaknyaPerkembangbiakan dengan bagian tubuh tumbuhan atau tanpa melalui perkawinan disebut juga perkembangbiakan cara vegetatif. Perkembangbiakan dengan biji disebut perkembangbiakan dengan cara generatif.

1. Perkembangbiakan Secara Vegetatif

Bagian tubuh induk tumbuhan yang dijadikan tumbuhan baru disebut alat perkembangbiakan vegetatif. Memperbanyak tumbuhan dengan alat perkembangbiakan vegetatif disebut pembiakan vegetatif. Ada dua macam pembiakan vegetatif yaitu pembiakan vegetatif alami dan pembiakan vegetatif buatan.

* Pembiakan Vegetatif Alami
Pembiakan vegetatif tanpa bantuan manusia disebut pembiakan vegetatif alami. Alat pembiakannya tumbuh dengan sendirinya dari tumbuhan melalui tunas, umbi, spora, dan rhizoma.

2. Perkembangbiakan dengan Cara Generatif

Ada berbagai tumbuhan yang berkembang biak menggunakan biji. Biji terbentuk dari hasil penyerbukan dan pembuahan. Penyerbukan dan pembuahan terjadi pada tanaman yang memiliki bunga. Perkembangbiakan ini dinamakan perkembangbiakan generatif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar