Selasa, 06 November 2012

Pengantar Sistem Informasi Berbasis Komputer

          Pada tahun 1954 komputer pertama dipasang untuk sebuah penerapan bidang usaha. pada tahun 1974, terdapat lebih dari 100.000 komputer di Amerika Serikat dan kira-kira sekian pula di luar Amerika. pengolahan daftar gaji melalui komputer, yang merupakan sebuah gagasan revolusioner pada 1954, kini telah dianggap sebagai sebuah terapan rutin. kini bidang dalam pengolahan informasi adalah sistem-sistem yang juga memberikan sumber-sumber informasi dalam mendukung fungsi manajerial dan pengambilan keputusan. sistem semacam itu disebut sistem informasi manajemen (SIM). sehubungan dengan sistem pengolahan informasi berdasarkan komputer yang dirancang untuk mendukung fungsi operasi, manjemen, dan keputusan sebuah organisasi. komputer bermanfaat untuk tugas-tugas pengolahan data, tetapi sebuah sistem informasi melaksanakan pula tugas-tugas lain dan lebih daripada sekedar sistem pengolahan data. sistem pengolahan informasi yang menerapkan kemampuan komputer untuk menyajikan informasi bagi manajemen dan bagi pengambilan keputusan. sistem informasi manajemen digambarkan sebagai sebuah bangunan piramida dimana lapisan dasarnya terdiri dari informasi untuk pengolahan transaksi, penjelasan status, dan sebagainya. bangunan piramida ini terdiri dari sumber-sumber informasi dalam mendukung operasi manajemen sehari-hari.



(Sistem Informasi Manajemen)

Definisi sebuah sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem manisia/mesin yang terpadu (integrated) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. sistem ini menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak komputer,prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan dan sebuah database

A. Sistem Manusia/ Mesin Berdasarkan Komputer

        Interaksi manusia/mesin diperkaya melaui operasi online dimana terminal masukanatau keluaran langsung pada penerapan yang mendapatkan maslahat dari keadaan semacam itu. operasi online diperlukan untuk berdialog terhadap manusia/mesin. kenyataanya sebuah SIM adalah berdasarkan komputer berarti bahwa para perancang sebuah sistem informasi manajemen harus memahami kemampuan manusia dalam mengambil keputusan. kemampuan memperoleh informasi secara online sangat besar perananya dalam mendukung operasi. kebanyakan sistem pengolahan komputer pada mulanya mengikuti ancangan sistem pengolahan manual dimana setiap penerapan diperoleh secara terpisah dengan memakai file terpisah. metode ini mempunyai efesiensi pengolahan dan pengendalian. sebuah sistem terpadu berdasarkan pada anggapan bahwa harus ada integrasi antara data dan pengolaha. integrasi data dapat dicapai melalui database. pada sebuah sistem pengolahan infomasi database. terdiri dari semua data yang dapat dijangkau oleh sistem. suatu penerapan yang memakai sebuah item data akan mengambil item data yang sama, yang hanya sekali disimpan dan disediakanuntuk semua penerapan. pengolaha terpadu dicapai melalui sebuah perencanaan sistem secara menyeluruh. biasanya sistem dirancang sebagai suatugabungan dari beberapa sub sistemdan bukan sebagai sebuah sistem tunggal. Perencanaan sistem ini dapat berupa sebuah komputer pusat besaratau dapat pula merupakan sebuah jarinagn kerjabeberapa komputer kecil. gagasan pokoknya adalah panduan terencana dari berbaga penerapan yang layak dan efektif.

B. Evolusi Perkembangan Konsep SIM
          
        Gagasan sebuah sistem informasi untuk mendukung manajemen dan pengambilan keputusan telah ada sebelum dipakinya komputer, yang memperluas kemampuan organisasi untuk meerapkan sistem semacam itu.perluasan kemampuan tersebut sedemikian mencolok sehingga SIM dianggap sebagai sesuatu yang baru karena baru kini dapat dipakai. banyak dari gagasan yang merupakan bagian SIM berkembang/berevolusi dari bagian ilmu pengetahuan lain. ada empat bidang pokok konsep dan pengembangan sistem yang sangat penting dalam melacak asal mula konsep SIM : perakunan manajerial, ilmu pengetahuan manajemen, teori manajemen dan pengolahan komputer. konsep SIM dapat di pandang sebagai suatu perluasan secara mendasar dari perakunan manajerial dengan mengikutsertakan gagasan dan teknik-teknik ilmu manajemen dan teorik keperilakuan tentang manajemen dan pengambilan keputusan. kemampuan komputer telah membantu perkembangan konsep SIM. karena perangkat keras dan perangkat lunak baru telah membuka dimensi bau yang digunakan dalam konseptualisasi sistem informasi bagi organisasi. tekhnologi komputer merupakan faktor penting dalam perkembangan SIM, tetapi juga menghambat pokok kemajuannya. Tanpa kemampuan komputer konsep sebuah SIM tidak dapat diwujudkan. Adanya kemampuan perangkat keras dan perangkat lunak komputer meningkatkan pemakaian tidak berjalan secara bersamaan. perangkat lunak kini merupakan persoalan lebih besar daripada perankat keras dalam perkembangan SIM. Bagi setiap organisasi yang mengembangkan SIM, merancang dan memprogram semua modul perangkat lunak akan sangat besar biayany. untuk SIM yang efektif terhadap biaya,kebanyakan perangkat lunak harus sudah tersedianya sebagai paket standar. hal ini menuntut cukup banyak penyesuaian dipihak perangkat lunak yang dibutuhkan.perkembangan itu kini sudah berjalan dan berbagai paket perangkat lunak SIM sudah tersedia pada penjaja perangkat lunak.


C. Konsep Sistem, Data dan Informasi

           Sistem adalah suatu jaringan kerja dari beberapa prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu tujuan tertentu. Pengertian lain dari sistem adalah kumpulan beberapa elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu. 
        Data merupakan fakta mentah tentang orang, tempat, kejadian dan apapun yang penting bagi perusahaan , dimana data itu sendiri tidak memiliki arti. Data adalah sebuah sumber yang harus dikontrol dan dikelola, data juga adalah fakta - fakta atau observasi yang mentah , biasanya mengenai kejadian atau transaksi bisnis, pengertian data lainnya adalah rekaman data, konsep dan pemrosesan secara otomatis yang dapat memberikan informasi yang mudah dimengerti oleh pemiliknya atau pihak yang bersangkutan. dari hal diatas dapat diambil kesimpulan bahwa data adalah fakta-fakta mentah yang harus dikelola untuk menghasilkan suatu informasi yang memiliki arti bagi suatu organisasi atau perusahaan. Data terdiri atas fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai atau fakta mentah yang diolah. 
        Informasi merupakan suatu hasil dari pemrosesan data menjadi sesuatu yang bermakna bagi yang menerimanya, sebagaimana dikemukakan oleh Vercellis (2009: 7) Selain merupakan hasil dari pengolahan data, informasi juga menggambarkan sebuah kejadian, sebagaimana dikemukakan oleh Wawan dan Munir (2006: 1) bahwa “Informasi merupakan hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) dengan lebih berguna dan lebih berarti “.


D. Model Sistem Informasi Berbasis Komputer
   
     Manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan informasi. Informasi disajikan secara lisan atau tulisan oleh suatu pengolah informasi. Porsi komputer dalam pengolah informasi terdiri dari tiap area aplikasi yang berbasis komputer – SIA, SIM, DSS, OA, dan ES. Sistem informasi berbasis komputer (computer-based information system) atau CBIS digunakan untuk menggambarkan lima subsistem yang menggunakan computer, yaitu :

a. Sistem Informasi Akuntansi (SIA)
Sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. 
Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain: Mengumpulkan & menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi, Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan dan Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi. 

b.Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) 
Suatu sistem yang berbasis computer secara terpadu, yang dirancang untuk membantu para manajer dalam aktivitas sehari-hari. Terutama dalam aktivitas pengambilan keputusan Suatu proses memasukkan beberapa aspek dari mekanisme keputusan ke dalam SIM, sehingga pengambilan keputusan pada dasarnya hanyalah tinggal memilih saja 

c.Sistem Informasi Manajemen 
Sistem informasi Manajemen adalah serangkaian sub sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi & secara rasional terpadu yang mampu mentransformasi data sehingga menjadi informasi lewat serangkaian cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai denganmgaya dan sifat manajer atas dasar kriteria mutu yang telah ditetapkan. Merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen 

d.Otomatisasi Kantor 
Semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi informasi kepada dan dari orang yang berada didalam maupun diluar perusahaan.  Sebuah rencana untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktifitas pekerjaan. 

e.Sistem Pakar 
Bentuk umum sistem pakar adalah suatu program yang dibuat berdasarkan suatu set aturan yang menganalisis informasi (biasanya diberikan oleh pengguna suatu sistem) mengenai suatu kelas masalah spesifik serta analisis matematis dari masalah tersebut. Tergantung dari desainnya, sistem pakar juga mampu merekomendasikan suatu rangkaian tindakan pengguna untuk dapat menerapkan koreksi. S istem ini memanfaatkan kapabilitas penalaran untuk mencapai suatu simpulan. Sistem pakar adalah suatu program komputer yangmengandung pengetahuan dari satu atau lebih pakar manusia mengenai suatu bidang spesifik. Jenis program ini pertama kali dikembangkan oleh periset kecerdasan buatan pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dan diterapkan secara komersial selama 1980-an. 

Sumber : -Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen oleh Gordon B. Davis
              -www.google.com


















































































































































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar